GENDOON.COM
Berita Terkini & Gaya Hidup

Butt & Electro Fusion, Metode Penyambungan Pipa Tanpa Menggunakan Lem!

0 25

Butt & Electro Fusion, Metode Penyambungan Pipa Tanpa Menggunakan Lem!Lem pipa memang kerap digunakan untuk menyambungkan pipa yang patah. Namun, tak hanya lem, pipa patah juga bisa disambungkan dengan cara lain, yakni menggunakan metode butt fusion dan electro fusion. Kedua metode ini biasanya dikhususkan untuk penyambungan pipa HDPE.

Pipa HDPE sendiri merupakan salah satu jenis pipa yang dimanfaatkan untuk mengalirkan air bersih bertekanan di rumah, pusat perbelanjaan, hotel, dan bangunan lainnya. Pipa jenis ini terbuat dari High Density Polyethylene, yang diperoleh dari hasil penyulingan minyak bumi dan sesuai dengan standar food grade.

So, bagaimanakah cara menyambungkan pipa dengan metode butt fusion & electro fusion? Begini caranya:

Butt fusion.

Metode penyambungan pipa satu ini biasanya memakai mesin penyambung. Prinsip kerjanya sendiri adalah memanaskan bagian ujung pipa lalu saling ditautkan dengan welding machine. Untuk lebih mudahnya, cek caranya di bawah ini, here we go!

  • Pertama, pasang kedua bagian ujung pipa pada butt fusion kemudian kencangkan penjepitnya.
  • Setelah itu, ratakan bagian ujung pipa sampai rata dan bersih menggunakan alat khusus.
  • Lalu, pasang pemanas di antara kedua ujung pipa sampai pipa terlihat memuai.
  • Terakhir, sambungkan dan tekan kedua ujung pipa yang sebelumnya sudah dipanaskan sampai ujungnya tersambung sempurna.

Electro fusion.

Untuk electro fusion, metode penyambungannya biasanya memanfaatkan alat penyambung khusus, yaitu electro fitting. Menggunakan alat satu ini dapat membantu menyambungkan pipa dengan sangat baik dan kuat, tentunya. Bagaimana caranya? Yuk, disimak!

  • Pertama, bersihkan bagian ujung pipa sampai bersih menggunakan alat khusus.
  • Kemudian, sambungkan ujung pipa dengan electro fitting.
  • Berikutnya, hubungkan elektroda pada electro fusion ke electro fitting kemudian nyalakan alatnya. Sambungkanlah pipa sampai tersambung dan bisa digunakan untuk mengalirkan air bersih di sebuah bangunan.

Selain menggunakan metode yang sudah dituliskan di atas, pipa HDPE juga bisa disambungkan dengan mencoba metode compression joint. Metode penyambungan satu ini biasanya tidak membutuhkan alat perekat ataupun mesin penyambung tapi mechanical joint.

Mudah sekali kan menyambungkan pipa HDPE tanpa menggunakan lem? Coba gunakan lem pipa RuGlue dari Rucika!

Leave A Reply

Your email address will not be published.