GENDOON.COM
Berita Terkini & Gaya Hidup

Berbagai Obat Pereda Nyeri Ini Bisa Anda Dapatkan di Toko Sehatq.com

0 62

Berbagai Obat Pereda Nyeri Ini Bisa Anda Dapatkan di Toko Sehatq.com – Penggunaan obat penghilang rasa sakit atau obat pereda nyeri sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat. Obat ini menjadi solusi praktis dan cepat dalam mengurangi keluhan nyeri. Misalkan saja seperti sakit gigi, pusing, hingga pegal-pegal yang dirasakan.

Namun perlu diingat, bahwa menggunakan obat penghilang rasa sakit bukan berarti bisa menyembuhkan segala keluhan. Pemakaian obat penghilang rasa sakit haruslah disesuaikan kondisi kesehatan dan keluhan yang dirasakan. Mengingat beberapa obat penghilang nyeri bisa memberikan efek samping bila dikonsumsi secara asal.

Anda perlu mengenal lebih jauh mengenai penggunaan obat penghilang nyeri, termasuk jenis, cara kerja, hingga efek samping yang ditimbulkannya. Melalui informasi tersebut, Anda akan dapat mengkonsumsinya secara tepat sesuai kebutuhan.

Obat penghilang rasa nyeri atau analgesik bisa dibeli di apotek dengan atau tanpa resep dokter. Penggunaan obat tanpa resep dokter bisa dikonsumsi dengan dosis yang tepat seperti yang tertera di kemasan. Namun bila gejala yang dialami tidak benar-benar sembuh setelah mengkonsumsinya, sebaiknya hentikan pemakaian.

Berbagai Obat Pereda Nyeri di Apotek maupun Resep Dokter

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat obat penghilang nyeri yang dijual bebas maupun menggunakan resep dokter. Berikut daftarnya.

1. Paracetamol

Paracetamol merupakan obat pereda nyeri yang paling umum digunakan tanpa harus melalui resep dokter. Paracetamol bekerja langsung di bagian otak dalam mengurangi rasa sakit.

Paracetamol dinilai cukup efektif dalam meredakan nyeri tanpa efek samping yang berat. Meski begitu, paracetamol tidak mampu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan peradangan ataupun inflamasi.

2. Obat golongan anti-inflamasi non-steroid (AINS)

Berbeda dengan paracetamol, obat pereda rasa sakit golongan AINS mampu meredakan inflamasi atau radang pada jaringan. Obat AINS bisa dijadikan solusi untuk beberapa kondisi seperti demam, kram menstruasi, dan juga nyeri otot maupun sendi.

AINS juga efektif untuk meredakan pembengkakan akibat cedera ataupun sakit gigi. Pastikan memperhatikan dosis yang tepat dalam penggunaannya. Beberapa obat golongan AINS berikut ini bisa dengan mudah didapatkan di apotek.

  • Ibuprofen
  • Asam mefenamat
  • Aspirin
  • Naproxen
  • Diklofenak
  • Indometasin

3. Morfin

Penggunaan obat morfin sebagai pereda rasa sakit memerlukan resep dari dokter. Jenis obat penghilang nyeri ini masuk dalam golongan opioid, di mana penggunaannya harus benar-benar diperhatikan.

Opioid merupakan golongan obat yang sangat kuat, sehingga bisa memberikan efek kecanduan. Morfin biasanya ditujukan sebagai obat-obatan pereda rasa sakit pra dan pasca tindakan operasi besar.

4. Oksikodon

Obat ini juga merupakan opioid yang hanya bisa didapatkan melalui resep dokter. Oksikodon biasa diresepkan dokter untuk mengatasi nyeri, mulai dari tingkat sedang hingga yang berat.

5. Kodein

Kodein biasa dikonsumsi dengan mengkombinasikannya bersama obat analgesik Paracetamol. Pada beberapa kasus, konsumsi Kodein juga bisa dikombinasikan dengan obat analgesik non opioid lain. Kodein ini bisa dipakai untuk pereda nyeri tingkat ringan maupun sedang hanya melalui resep dokter.

6. Hidrokodon

Sama seperti obat opioid Kodein, penggunaan Hidrokodon bisa dikombinasikan dengan Paracetamol ataupun obat non opioid lain. Penggunaan Hidrokodon bisa mengurangi rasa nyeri untuk tingkatan sedang hingga berat. Karena kategorinya yang merupakan obat keras, konsumsi Hidrokodon haruslah melalui resep dokter.

SehatQ Info Kesehatan Lеngkар dаn Tеrреrсауа

SehatQ.com аdаlаh salah ѕаtu hеаlth tech реndаtаng bаru, уаng bеrumur kurаng dаrі setahun. Wаlаuрun mаѕіh terbilang mudа, рlаtfоrm іnі сukuр rаmаі dіреrbіnсаngkаn bеlаkаngаn ini, mulаі dari реmbеrіtааn mеdіа hіnggа kіrіmаn-kіrіmаn media sosial yang merekomendasikan рlаtfоrm tеrѕеbut.

Bаnуаk реruѕаhааn уаng berbondong bondong mеnggеlutі dunіа Hеаlth Tech untuk mеnуаjіkаn berbagai mаnfааt bаgі khalayak rаmаі terutama dibidang kesehatan. bukаn hanya kesehatan ѕаjа, mеlаіnkаn kеbugаrаn dаn bеrаgаm kegunaan lain jugа wаjіb dіѕеmаtkаn.

Penggunaan obat pereda nyeri haruslah tepat agar mampu meredakan keluhan dengan optimal. Untuk itu, Anda bisa mengoordinasikan melalui dokter di SehatQ.com agar memperoleh resep obat yang tepat. Berbagai obat penghilang nyeri ataupun obat lainnya juga bisa Anda dapatkan di Toko SehatQ.

Leave A Reply

Your email address will not be published.